Kamis, 02 Desember 2010

kependudukan

Pertambahan penduduk dan Lingkungan pemukiman
Pertambahan penduduk adalah dimana di suatu tempat atau wilayah yang semakin banyak angka pertambahannya penduduk karena angka kelahiran pada suatu wilayah tersebut,maupun berkurangnya atau angka kematian disuatu daerah tersebut dikarenakan penyakit atau suatu keadaan tertentu.Lingkungan pemukiman adalah tempat atau dimana semua warga menempati dan menjadikan sebagai temoat tinggal,tempat usaha atau sebagai sumber usaha dan sebagainya.Lingkungan pemukinman akan menjadi baik atau lebih buruk tergantung pada pengelolaan yang menempati wilayah tersebut.
Pada kali ini saya ingin mencoba membahas pertambahan penduduk disebuah desa yaitu desa konohagakure,walaupun saya tidak terlalu begitu paham dengan desa tersebut saya ingin coba ingin sedikit menjelaskan,karena bagi saya desa tersebut sangat menarik.Desa konohagakure termasuk desa terbesar di antara 5 desa dalam 1 negara.jumlah penduduknya pun tidak sedikit apalagi akan bertambahnya jumlah angka kelahirah seperti di keluarga asuma dan kurenai akan mempunyai anak.Desa tersebut dipimpn olehseorang hokage,hokage tersebut bernama sarotobi.Desa konoha tersebut perkembangannya sangat pesat dalam bidang apapun.apalagi pada pimpinan hokage ke 3,mereka mengadakan lomba ujian chunin yang di ikuti dari beberapa desa ataupun negara.singkat cerita,pada saat pertandingan tersebut berlangsung,ternyata salah satu desa ada yang berniat buruk dengan desa konoha,yaitu desa sunagakure.desa sunagakure ingin menghancurkan desa konoha.pada akhirnay terjadilah pertempuran yang menghancurkan desa tersebut,sehingga banyak menewaskan banyak orang termasuk pemimpin desa konoha.dan pada akhirnya desa tersebut mengalami penurunan dalam lingkungan pemukiman dan pertambahan penduduknya.dan pada akhirnya desa tersebut harus memilih pemimpin baru agar semua aktivitas terbentuk kembali.dan pemimpin itu sudah dipilih yaitu tsunade yang menjadi pemimpin desa konoha yang baru.dalam pimpinan dia tsunade ingin memajukan desa tersebut menjadi desa yang lebih maju.
pertumbuhan penduduk dan tingkat pendidikan
Pertumbuhan penduduk adalah dimana suatu wilayah tersebut akan mengalami kenaikan ataupun penurunan dalam suatu masalah seperti pendidikan,kesehatan,keagamaan,kebudayaan,social dan sebagainya segala aktivitas yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk.
Pertumbuhan penduduk akan berkembang jika dalam suatu wilayah tersebut segala kebuthan yang diperlukan seimbang seperti pendidikan,kesehatan dan lain sebagainya.Dalam masalah pertumbuhan penduduk sangat berkaitan dengan tingkat pendidikan,karena pertumbuhan penduduk akan berkembang jika tingkat pendidikannyapun sangat pesat dalam suatu wilayah tersebut..tetapi dalam kenyataanya tingkat pendidikan di Indonesia masih belum berkembang tau belum pesat,walaupun pemerintah atau otonomi daerah tersebut sudah mencanangkan pendidikan gratis atau pendidikan bebas biaya dalam melaksanakan pendidikan,dikarenakan ada beberapa hal yang memungkinkan itu diantaranya adalah disuatu wilayah tersebut masih kurangnya minat belajar dan kurangnya usaha atau kemauan untuki belajar dan juga masalah ekonomi yang berkepanjangan yang menyebabkan menurunnya pertumbuha penduduk tentang tingkat pendidikan.
pertumbuhan penduduk dan penyakit yang berkaitan dengan lingkungan hidup
Pertumbuhan penduduk adalah perubahan jumlah penduduk baik pertambahan maupun penurunannya. Adapun faktor - faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk adalah
kelahiran, kematian, dan perpindahan penduduk. Kelahiran dan kematian dinamakan faktor alami sedangkan perpindahan penduduk adalah faktor non alami. Migrasi ada dua yaitu migrasi masuk yang artinya menambah jumlah penduduk sedangkan migrasi keluar adalah mengurangi jumlah penduduk. Migrasi itu biasa terjadi karena pada tempat orang itu tinggal kurang ada fasilitas yang memadai. Selain itu juga kebanyakan kurangnya lapangan kerja. Maka dari itu banyaklah orang yang melakukan migrasi.
Dalam dalam masalah ini maka penduduk tidak aka jauh dengan masalah kesehatan atau penyakit yang melanda penduduk tersebut,dikarenakan lingkungan yang kurang terawat ataupun pemukiman yang kumuh,seperti limbah pabrik,selokan yang tidak terawat yang menyebabkan segala penyakit akan melanda para penghuni wilayah tersebut yang mengakibatkan kematian dan terjadi pengurangan jumlah penduduk.
Untuk menjamin kesehatan bagi semua orang di lingkunan yang sehat, perlu jauh lebih banyak daripada hanya penggunaan teknologi medikal, atau usaha sendiri dalam semua sektor kesehatan.
Usaha-usaha secara terintegrasi dari semua sektor, termasuk organisasi-organisasi, individu-individu, dan masyarakat, diperlukan untuk pengembangan pembangunan sosio-ekonomi yang berkelanjutan dan manusiawi, menjamin dasar lingkungan hidup dalam menyelesaikan masalah-masalah kesehatan.
Seperti semua makhluk hidup, manusia juga bergantung pada lingkungannya untuk memenuhi keperluan-keperluan kesehatan dan kelangsungan hidup.
Kesehatanlah yang rugi apabila lingkungan tidak lagi memenuhi kebutuhan-kebutuhan manusia akan makanan, air, sanitasi, dan tempat perlindungan yang cukup dan aman- karena kurangnya sumber-sumber atau distribusi yang tidak merata.
Kesehatanlah yang rugi apabila orang-orang menghadapi unsur-unsur lingkungan yang tidak ramah- seperti binatang-binatang mikro, bahan-bahan beracun, musuh bersenjata atau supir-supir yang mabuk.
Kesehatan manusia adalah keperluan dasar untuk pembangunan berkelanjutan. Tanpa kesehatan, manusia tidak dapat membangun apa pun, tidak dapat menentang kemiskinan, atau melestarikan lingkungan hidupnya. Sebaliknya, pelestarian lingkungan hidup merupakan hal pokok untuk kesejahteraan manusia dan proses pembangunan. Lingkungan yang sehat menghasilkan masyarakat yang sehat, sebaliknya lingkungan yang tidak sehat menyebabkan banyapertumbuhan penduduk adalah perubahan suatu wilayah yang dikarenakan bertambahnya angka kelahiran maupun berkurangnya jumlah penduduk yang dikarenakan angka kematian bertambah,perpindahan penduduk dari suatu daerah ke daerah lain atau ke tempat lain seperti migrasi,transmigrasidabsebagainya.
jumlah penduduk disuatu wilayah saat ini sangat mencemaskan selain bertambahnya jumlah penduduk maka semakin sempit pula bagi mereka yang untuk mendapatka lapangan pekerjaan ataupun untuk mencari mata pencarian mereka untuk menjalani kebutuhan hidup,karena dapat menimbulkan angka kelaparan di bangsa ini akan bertambah yang disebabkan masalah tadi seperti sulitnya untuk berusaha mendapatkan kerja untuk mencukupi kebutuhan hidup karena semaki padatnya penduduk maka semakin sempit pula peluang mereka untuk mendapatkan kebutuhanyangmerekainginkan.
dari masalah tersebut maka angka kematian pun semakin bertambah,dan bisa merepotkan para pemerintah untuk menyensus penduduk yang bertempat tinggal,walaupun pemerintah sudah mencanangkan program untuk keluarga yang berencana tetapi sulit untuk bagi kita menjalankan perintah tersebut dikarenakan masalah ekpnomi dan kebutuhan yang mendesak.
maka dari itu semoga pemerinta bisa lebih tegas lagi untuk menjalankan progrm tersebut di antaranya mencegah orang untuk bermigrasi,karena dengan migrasi banyak orang yang menganggur dan menyusahkan pemerintah untuk menyensus selain itu para migrasi yang tidak bekerja hanya menjadi pengemis jalanan yang menyebabkan kepadatan penduduk yang sia - sia dan menyebabkan banyak orang yang kelaparan yang bisa mengakibatkan kematian,
pertumbuha sangat berkaitan dengan kenaikan ataupun penurunan angka kematian dan kelahiran selain itu juga sangat berpengaruh dengan angka kemiskinan dan keterbelakangan yang mengakibatkan semakin menurunnya otonomi daerah tersebut.Hal itu terjadi dikarenakan beberapa hal seperti keadaan ekonomi yang mengakibatkan tidak bisa mencukupi kebutuhan hidup sehingga banyak orang yang mengalami kemiskinan dan keterbelakangan karena dalam kebutuhan pokok yang mereka makan bisa jadi tidak bergizi dan tidak mengandung protein yang menunjang sehingga menyebabkan keterbelakngan mental,fisik,maupun sosial yang pada akhirnya hanya merepotkan bagi para pemerintah dan menyebabkan tenaga ahli di bangsa ini semakin berkurang karena hal itu.
Selain itu juga hal tersebut bisa terjadi karena para masyarakat di indonesia ini masi banyak yang tidak berminat dengan pendidikan sehingga mereka buta pengetahuan dan menjadikan keterbelakangan.Jika kemiskinan terjadi hal buruk yang ada pada masyarakat ini adalah masih banyak orang yang tidak mau mencari usaha atau malas bekerja,selain itu juga tidak mau belajar sehingga yang ada hanya kemiskinan yang mereka punya,tidak hanya kemiskinan secara material tetapi kemiskinan pada ilmu pengethuan dan sebagainya.dan pada akhirnya hanya sebagai benalu bangsa indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar